air hangat jeruk nipis dan garam Distributor Ariston

Air Hangat Jeruk Nipis dan Garam yang Memiliki Berbagai Manfaat

Mengonsumsi air hangat jeruk nipis dan juga garam memiliki sejumlah manfaat yang istimewa untuk tubuh. Mungkin tidak pernah terbayang untuk membuat dua kombinasi ini. Karena biasanya saat kita membuat air hangat jeruk nipis untuk diminum pasti kita akan menambahkan gula atau madu untuk bahan tambahannya. 

Namun siapa sangka, bahwa kombinasi garam dan air jeruk nipis hangat dapat memberikan sejumlah manfaat yang luar biasa. Masih belum percaya? Atau menganggap manfaat garam dan jeruk nipis hanyalah mitos? Untuk itu, yuk simak artikel ini yang akan membahas semua manfaat dari minum air hangat jeruk nipis dan garam.

Apa Manfaat Minum Air Jeruk Nipis dan Garam?

Masih sedikit yang mengetahui tentang manfaat dari kombinasi antara air jeruk nipis dengan garam. Khasiat dari kombinasi ini tentu sangat baik untuk tubuh kita. Dengan jeruk nipis yang menyimpan banyak kandungan Vitamin C dan nutrisi-nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh. Serta ada garam yang memiliki kandungan sodium, sulfur dan natrium yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Berikut adalah manfaat dari kombinasi antara air hangat jeruk nipis dan garam.

1. Perawatan Mulut dan Gusi

Garam dan jeruk nipis sangat bermanfaat untuk gigi. Sifat anti-inflamasi yang ada di jeruk nipis dapat meredakan adanya peradangan di gusi dan gigi, serta kandungan vitamin C yang dapat membantu mencegah terjadinya pembengkakan. Hal ini juga merupakan fungsi dari air garam yang yang dapat membunuh adanya bakteri dan mengurangi sedikit rasa nyeri pada gigi dan gusi. Tidak hanya itu, kombinasi ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. 

2. Sebagai Antioksidan 

Manfaat dari kombinasi antara jeruk nipis dan garam berikutnya adalah sebagai antioksidan.  Kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalam jeruk nipis dapat melawan adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Kombinasi ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat merawat sel dan jaringan yang ada di dalam tubuh kita.

Baca Juga :  Pemasangan Solar Water Heater Ariston Kairos Thermo DR 150 TR PT Anugerah Mandiri Juni 2023

3. Menurunkan Berat Badan 

Minum air hangat jeruk yang ditambahkan dengan sedikit garam dapat membantu meningkatkan metabolisme yang ada di tubuh kita. Di saat metabolisme terjadi lebih cepat, energi yang dibutuhkan kita juga akan lebih banyak. Energi ini diperoleh dari adanya pembakaran lemak dan kalori yang ada dalam tubuh kita. Apabila lebih banyak lemak yang dibakar, maka berat badan kita akan lebih mudah untuk menurun.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan flavonoid yang ada di dalam jeruk nipis dan tambahan kandungan garam, dapat menghasilkan enzim yang bisa melancarkan pencernaan. Selain itu, kombinasi ini juga dapat membantu mengatasi adanya rasa mual dan menjaga kestabilan asam pada perut. 

5. Detoks Tubuh

Apa manfaat dari minum air jeruk nipis hangat sebelum tidur malam? Manfaat dari minum jeruk nipis hangat saat malam hari atau sebelum tidur adalah melakukan detoksifikasi pada tubuh. Bahkan yang lebih menarik lagi, kombinasi ini dapat mengeluarkan racun pada tubuh. Mengonsumsi jeruk nipis setiap hari ternyata dapat mencegah adanya pertumbuhan tumor.

6. Mengatasi Batuk

Untuk mengurangi batuk, kamu bisa campurkan garam dengan air hangat jeruk nipis. Hal ini bisa terjadi karena jeruk nipis dan garam dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada tenggorokan akibat batuk. 

7. Untuk Asam Lambung

Penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan mengonsumsi jeruk nipis? Salah satu manfaat dari jeruk nipis dan garam adalah dapat mengatasi asam lambung. Karena jeruk nipis dan garam dapat membantu menetralisir asam lambung yang kambuh.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kulit

Jeruk nipis dan garam juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit. Jeruk nipis berperan penting di dalam beberapa penyakit seperti scurvy dan diabetes. Penyakit scurvy ini disebabkan oleh kurangnya vitamin C di dalam tubuh. Berikut adalah contoh kegunaan dari air jeruk nipis dan garam untuk mengatasi masalah kulit:

Baca Juga :  Pemasangan Ariston Heat Pump Water Heater PT Rekreasi Keluarga Indonesia

1. Jeruk Nipis Campur Garam untuk Kulit Wajah

Apakah manfaat jeruk nipis dan garam untuk wajah? Tentu sangat banyak. Ingatlah bahwa vitamin C banyak terkandung pada jeruk nipis. Hal ini menjadi kebutuhan pokok bagi wajah kita. Kombinasi jeruk nipis dengan garam ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan jerawat dan komedo. Jeruk nipis dapat mencegah inflamasi bakteri. Sedangkan garam memiliki berperan untuk mengurangi pembentukan banyak minyak di wajah.

Jeruk nipis sangat kaya akan manfaatnya untuk kehidupan kita sehari-hari, terutama untuk wajah. Dengan jeruk nipis kita akan mendapat hasil yang lebih maksimal saat membersihkan wajah. 

2. Jeruk Nipis dan Garam untuk Ketombe

Ternyata jeruk nipis yang dicampur dengan bahan-bahan alami seperti garam bisa menjadi cara menghilangkan ketombe yang cukup ampuh, lho. Karena garam mengandung kristal abrasif yang nantinya akan bekerja sebagai eksfoliator alami dalam mengangkat ketombe dari kulit kepala. Ketombe merupakan sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala, tekstur garam yang cukup kasar dapat membersihkan sisa ketombe secara menyeluruh. Tentunya dengan tambahan jeruk nipis yang memiliki kandungan vitamin C akan lebih membantu untuk mengatasi ketombe.

Efek Samping Jeruk Nipis dan Garam

Jeruk nipis dan garam memiliki banyak sekali manfaat. Dengan manfaat yang diberikan tidak menutup kemungkinan bahwa kombinasi ini juga dapat menimbulkan efek samping yang nantinya bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Hal ini terjadi apabila mengonsumsi secara berlebihan. Berikut adalah efek samping jeruk nipis dan garam untuk kesehatan tubuh kamu.

1. Alergi 

Jeruk nipis dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Seseorang yang memiliki alergi dengan jeruk nipis biasanya akan mengalami beberapa gejala, seperti bengkak, gatal-gatal, dan kesulitan bernapas.

Baca Juga :  Air Hangat dan Garam untuk Merendam Kaki

2. Meningkatkan Tekanan Darah 

Minum jeruk nipis dan garam secara berlebihan dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah. Hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan jantung serta pembuluh darah. 

3. Migren atau Sakit Kepala 

Jeruk nipis sendiri mengandung senyawa sinefrin yang bisa mempengaruhi pengiriman impuls saraf ke pembuluh darah. Hal inilah dapat memicu munculnya migraine dan sakit kepala bila konsumsi jeruk nipis dan garam terlalu banyak. 

4. Kerusakan Gigi 

Air jeruk nipis sendiri mengandung asam sitrat tinggi yang dapat menyebabkan pengikisan enamel, lapisan keras terluar pada gigi manusia. Akibatnya, suhu yang panas atau dingin dari makanan dan minuman akan langsung menyentuh dentin. Dengan kondisi ini air jeruk nipis yang dicampur dengan garam dapat menyebabkan gigi berlubang dan sensitivitas gigi.  Yang akan menimbulkan rasa ngilu, nyeri, atau bahkan rasa tidak nyaman pada gigi. 

5. Kulit Sensitif 

Selain dikonsumsi, manfaat dari jeruk nipis juga dapat dirasakan dengan cara mengoleskannya langsung ke area kulit, termasuk wajah. Namun, di beberapa kasus, mengoleskan jeruk nipis langsung ke kulit bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar ultraviolet (UV) matahari. Efek samping yang ditimbulkan oleh jeruk nipis dan garam termasuk potensi terhadap peradangan, yang kerap disebut sebagai fitofotodermatitis.

Kesimpulan

Dengan sekian banyaknya manfaat dari air hangat jeruk nipis dan garam, kamu juga harus tetap memperhatikan efek samping dari kombinasi tersebut. Dengan penggunaan dan takaran yang pas, kamu bisa mendapatkan manfaat yang lebih baik dari kombinasi ini. Jadi, nikmati kesehatan dan kenyamanan setiap hari bersama Water Heater Ariston, solusi pemanas air terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit kamu. Dapatkan sensasi kenyamanan dengan air hangat jeruk nipis dan garam yang dihadirkan dengan sempurna. Pilih water heater Ariston, karena kesehatan dan perawatan kulitmu layak mendapatkan yang terbaik!

Scroll to Top