rendam kaki pakai air hangat dan garam Distributor Ariston

Manfaat Rendam Kaki Pakai Air Hangat dan Garam

Rendam kaki pakai air hangat dan garam adalah terapi yang sudah sejak lama dilakukan. Tidak hanya untuk perawatan, rupanya merendam kaki di air hangat dan garam memiliki banyak manfaat. Jadi, artikel kali ini akan membahas tentang semua manfaat, efek samping, dan kapan waktu untuk merendam kaki dengan air hangat dan garam yang tepat. Ingat! Jangan skip penjelasan dibawah ini!

Waktu untuk Merendam Kaki dengan Air Hangat yang Tepat

Apakah boleh merendam kaki dengan air hangat dan garam? Ya, merendam kaki dengan air hangat dan garam tentu saja boleh dilakukan. Karena, air hangat dan garam mampu mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada kaki kita. Manfaat ini bisa didapat dengan cara berendam atau merendam kaki dengan air garam. 

Bolehkah merendam kaki dengan air garam setiap hari? Sebenarnya, merendam kaki menggunakan air garam setiap hari bisa menjadi kebiasaan yang bermanfaat, terutama untuk kesehatan. Tetapi, sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Karena, semua yang berlebihan pasti tidak akan baik. 

Jadi, berapa kali boleh merendam kaki dengan air garam? Dan berapa lama kita bisa merendam kaki di air hangat dan garam? Merendam kaki menggunakan air hangat dan garam kita bisa rutin melakukannya dengan waktu dua kali dalam seminggu. Sedangkan lama waktu yang bisa kita gunakan untuk merendam kaki membutuhkan waktu kurang lebih selama 30 sampai 60 menit saja. Setelah selesai berendam, pastikan untuk mengeringkan dengan handuk yang lembut dan oleskan pelembap pada kaki.

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam

Manfaat Merendam Kaki dengan Air Hangat dan Garam

Manfaat apa yang didapatkan dari merendam kaki dengan air hangat dan garam? Ternyata, merendam kaki dengan air hangat garam adalah sebuah perawatan alami yang efektif dalam mengatasi berbagai adanya masalah kaki. Berikut adalah manfaat dari merendam kaki dengan air garam:

1. Menghilangkan Bau pada Kaki

Kaki yang tertutup dengan sepatu sepanjang hari akan meningkatkan kelembapan pada area kaki. Kondisi ini nantinya akan menjadi tempat untuk perkembangbiakan bakteri. Ketika bakteri sudah bercampur dengan keringat, maka akan menimbulkan bau tidak sedap di area kaki. Salah satu cara tradisional yang mampu mengatasi kondisi seperti ini adalah dengan rendam kaki pakai air hangat dan garam.

Baca Juga :  Manfaat dan Cara Penggunaan Air Hangat dan Minyak Kayu Putih

2. Merawat Kuku Kaki

Langkah pertama saat melakukan perawatan kuku adalah dengan merendam kaki di dalam air garam selama beberapa saat. Dengan merendamnya di air hangat garam, kuku kaki yang sebelumnya tebal akan lebih melunak. Nantinya, kuku akan lebih mudah untuk dirapikan. Kamu juga harus melakukan perawatan pada kuku kaki yang lain, seperti halnya membersihkan dan memotong kuku kaki dengan rutin. Selain itu, pakailah sepatu dengan ukuran pas untuk memaksimalkan perawatan pada kuku kaki.

3. Mengurangi Pembengkakan dan Nyeri

Cantengan atau kuku kaki yang tumbuh ke dalam, akan terasa menyakitkan. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak adalah dengan merendam kaki menggunakan air garam. Hal ini dilakukan dalam waktu 10 – 20 menit setiap harinya dan juga disertai dengan pijatan lembut pada area cantengan.

4. Mengatasi Kaki yang Pecah-pecah

Rendam kaki dengan air hangat garam dapat digunakan sebagai eksfoliasi untuk menghaluskan kaki kasar dan pecah-pecah. Dengan ini, kondisi kaki yang kering dan tumit pecah-pecah bisa diatasi. Cara ini sudah terbilang efektif untuk membuat otot pada kaki menjadi lebih rileks.

5. Mencegah Insomnia

Merendam kaki dengan air hangat garam juga memiliki manfaat yaitu mengatasi gangguan saat tidur. Hal ini terjadi karena merendam kaki dengan air garam mampu membuat aliran darah di kaki menjadi semakin lancar. Dengan ini, kamu akan merasakan nyaman dan tidak stres.

6. Mengatasi Infeksi Jamur pada Kaki

Merendam kaki menggunakan air garam ampuh dalam membantu mengatasi infeksi jamur pada kaki. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu menyiapkan sebuah wadah yang berisi air hangat dan pastinya 1/2 sendok garam. Larutkan garam dengan air hangat dan rendamlah kaki selama kurang lebih 20 menit. Pastikan kamu melakukan cara ini 2 kali sehari agar luka karena infeksi jamur lebih cepat mengering dan pastinya menghilang.

Baca Juga :  Manfaat dan Fungsi Air Hangat untuk Wajah

7. Menghilangkan Pegal-Pegal

Rendam kaki dengan air hangat dan campuran garam bermanfaat menghilangkan pegal-pegal pada kaki. Hal ini terjadi karena air hangat bisa membantu merelaksasikan otot-otot pada kaki, tumit, dan juga betis setelah seharian beraktivitas.

8. Membantu Mengatasi Luka Lecet

Terlalu lama menggunakan alas kaki atau mengenakan alas kaki yang terlalu sempit dapat membuat kaki lecet atau lebih parahnya muncul lepuhan. Tetapi, masalah ini bisa diatasi dengan cara merendam kaki dengan air garam. Merendam kaki menggunakan air garam Epsom juga bermanfaat mengatasi kaki yang lecet. Kandungan mineral yang berada di garam Epsom bisa melembutkan dan menenangkan kulit. Luka lecet dan juga lepuh pun akan lebih cepat sembuh.

9. Meredakan Stres

Merendam kaki menggunakan air hangat yang sudah bercampur dengan garam Epsom bisa membantu menenangkan pikiran. Apalagi setelah kamu melewati hari yang panjang dan pastinya melelahkan.

10. Menambah Energi pada Ginjal

Rendam kaki pada malam hari juga sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk kesehatan ginjal. Karena saat malam harilah ginjal berada dalam kondisi yang lemah, berdasarkan teori pengobatan China. Jadi, dengan merendam kaki dengan air hangat dan garam, pembuluh darah jadi terbuka dan melancarkan peredarannya.

Efek Samping dari Merendam Kaki dengan Air Garam Hangat

Efek Samping dari Merendam Kaki dengan Air Garam Hangat

Apa efek samping merendam kaki dengan air hangat dan garam? Merendam kaki dengan air hangat garam sudah terkenal aman. Tetapi, dengan keamanan itu tidak memungkinkan untuk tidak terjadinya efek samping. Berikut efek samping dari merendam kaki dengan air hangat dan garam:

1. Iritasi dan Kulit Kering

Merendam kaki menggunakan air hangat garam dengan waktu yang lama akan mengakibatkan keringnya pada kulit kaki atau bahkan menjadi iritasi.

Baca Juga :  Manfaat Air Hangat Dicampur Garam untuk Merendam Kaki dan Caranya

2. Infeksi pada Luka Terbuka

Apabila kaki memiliki luka terbuka, dan kaki tersebut di rendam menggunakan air hangat garam, maka bisa menyebabkan infeksi. Hal ini terjadi karena alat dan air yang digunakan tidak bersih. Jadi, pastikan alat dan air yang akan digunakan itu harus bersih dan steril.

3. Dehidrasi

Air hangat garam bisa menurunkan kelembapan kulit. Hal ini terjadi apabila setelah berendam tidak diimbangi menggunakan pelembap. Jadi, pastikan setelah merendam kaki menggunakan air hangat garam kamu juga mengaplikasikan pelembap pada kulit kaki kamu.

4. Pengaruh untuk Penderita Diabetes

Pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas, karena hal ini akan menyebabkan kerusakan pada saraf yang sudah terpengaruh oleh diabetes. Jadi, penderita harus lebih hati-hati saat akan merendam kaki dengan air hangat dan garam.

5. Alergi

Merendam kaki menggunakan air hangat garam bisa menyebabkan alergi pada kulit. Hal ini terjadi ketika kamu memiliki alergi terhadap mineral dan garam.

Kesimpulan

Rendam kaki pakai air hangat dan garam menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Tetapi, walaupun banyak menawarkan manfaat, rendam kaki pakai air hangat dan garam juga bisa menimbulkan efek samping untuk kesehatan. Jadi, lakukan sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan dalam melakukannya.

Apalagi, sekarang sudah banyak peralatan canggih yang bisa membantu kita untuk mendapatkan air hangat tanpa perlu repot, seperti Water Heater Ariston. Alat ini bisa membantu kita untuk memanaskan air dengan waktu yang singkat. Jadi, tunggu apalagi? Beli dan nikmati perawatan kaki kamu dengan kenyamanan air hangat garam yang diberikan oleh water heater Ariston klik di sini.

Scroll to Top