water heater portable untuk travelling

Lagi Travelling di Alam Tapi Pengen Mandi Air Hangat? Pakai Water Heater Portable Aja!

Water heater portable – Pernah ngga sih, pas kemah atau travelling di alam ingin mandi air hangat tapi ngga nemu tempat yang menyediakan fasilitas itu. Padahal suhu udara sama air disana dingin banget. Kalau gitu, apa yang kamu lakuin? Tetap mandi atau lanjut tarik selimut?

Ternyata, ada solusinya nih. Buat kamu yang hobi travelling dan backpacker-an tapi tetep pengen mandi air hangat. Coba deh, bawa water heater portable. Alat ini jadi solusi praktis dan efektif untuk memenuhi kebutuhan air hangatmu kapanpun dan dimanapun.

Pengertian Water Heater Portable

immersion portable water heater

Water heater portable atau pemanas air yang portabel merupakan sebuah perangkat pemanas air yang dapat dibawa ke mana saja, baik itu dalam perjalanan, di rumah, atau di tempat kerja. Perangkat ini bisa digunakan untuk memanaskan air dengan kapasitas tertentu, mulai dari beberapa gelas hingga lebih dari 10 liter, lho. Pemanas air portabel umumnya dilengkapi dengan baterai atau daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan pemanas air tersebut.

Kegunaan Water Heater Portable

kemping di hutan

Water heater portable memiliki banyak kegunaan, terutama bagi kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan atau yang tinggal di tempat yang tidak memiliki akses air panas yang mudah. Berikut adalah beberapa kegunaan water heater portabel :

1. Camping

Buat kamu, camping lovers, water heater portable sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan air hangat. Dengan water heater ini, kamu dapat dengan mudah memanaskan air untuk mandi atau membuat minuman hangat.

2. Perjalanan Jauh

Perjalanan jauh seringkali membuat kita sulit untuk menemukan air panas. Menggunakan water heater portabel kamu dapat memanaskan air untuk membuat minuman atau untuk mandi, sehingga perjalanan menjadi lebih nyaman.

3. Rumah Tangga

Water heater portabel juga bisa digunakan di rumah tangga sebagai alternatif jika terjadi masalah dengan pemanas air yang ada. Misalnya, jika sedang terjadi pemadaman listrik, water heater portabel bisa menjadi solusi sementara untuk memenuhi kebutuhan air panas.

Baca Juga :  Manfaat Air Hangat untuk Wajah

4. Kegiatan Outdoor

Selain camping, kegiatan outdoor lain seperti hiking, bersepeda, atau olahraga ekstrem juga membutuhkan air hangat. Membawa water heater portabel menjadi pilihan yang tepat, kamu bisa dengan mudah memanaskan air untuk membuat minuman atau untuk mandi.

Kelebihan Water Heater Portable

Selain memiliki banyak kegunaan, water heater portable juga memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan water heater konvensional, antara lain :

1. Portabel

Seperti namanya, water heater portable dapat dibawa kapanpun dan dimanapun. Perangkat ini sangat mudah dibawa saat berpergian, sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi jika sedang berada di tempat yang tidak memiliki akses air panas.

2. Mudah Digunakan

Water heater portabel sangat mudah digunakan. Cukup sambungkan perangkat ke sumber listrik atau baterai yang tersedia, dan tunggu beberapa menit hingga air panas siap digunakan.

3. Hemat Energi

Water heater portabel biasanya memiliki kapasitas kecil, sehingga membutuhkan daya listrik yang sedikit. Hal ini membuat water heater portabel menjadi water heater hemat energi dan efisien dalam penggunaannya.

4. Mudah Dirawat

Water heater portabel juga sangat mudah dirawat. Kamu hanya perlu membersihkan perangkat secara berkala untuk menjaga kebersihan dan kinerjanya tetap optimal.

5. Harga Terjangkau

Meskipun memiliki banyak keunggulan, water heater portabel memiliki harga yang terjangkau. Ada banyak pilihan water heater portable yang tersedia dengan harga yang bervariasi, sehingga kamu dapat memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Cara Memilih Water Heater Portable Shower yang Tepat

Memilih water heater portable yang tepat sangat penting untuk memastikan kebutuhan air hangat kita terpenuhi dengan baik. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih water heater portabel, diantaranya :

Baca Juga :  Manfaat dan Fungsi Air Hangat untuk Wajah

1. Kapasitas

Pertimbangkan kapasitas air yang dibutuhkan. Jangan memilih water heater portabel dengan kapasitas yang terlalu kecil atau terlalu besar, pilih yang pas.

2. Daya Listrik atau Baterai

Perhatikan daya listrik atau baterai yang dibutuhkan oleh water heater portabel. Pastikan daya listrik atau baterai yang kita miliki cukup untuk mengoperasikan perangkat tersebut.

3. Kualitas dan Keamanan

Pastikan water heater portabel yang dipilih memiliki kualitas yang baik dan aman digunakan. Perangkat tersebut harus memenuhi standar keselamatan dan keamanan yang berlaku.

4. Kemudahan Penggunaan dan Perawatan

Pilih water heater portabel yang mudah digunakan dan dirawat. Perangkat tersebut harus mudah dioperasikan dan mudah dibersihkan.

5. Harga

Pastikan harga water heater portabel yang kita pilih sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan memilih perangkat yang terlalu mahal atau terlalu murah.

Setelah mengetahui cara memilih water heater yang tepat, berikut adalah jenis water heater portable yang sering digunakan.

Immersion Water Heater Portable

cara menggunakan portabe water heater yang benar

Immersion water heater adalah sebuah perangkat pemanas air yang dirancang untuk digunakan secara portable. Alat ini terdiri dari sebuah elemen pemanas yang ditempatkan di dalam wadah air, seperti ember atau bathtub, dan dilengkapi dengan sebuah kabel listrik yang bisa dicolokkan ke sumber listrik. Sama halnya dengan water heater listrik, ketika kabel water heater ini dihubungkan ke sumber listrik, elemen pemanas akan mulai memanaskan air dalam wadah tersebut.

Pemanas air tipe immersion biasanya terbuat dari logam tahan karat seperti stainless steel atau bahan serupa. Selain itu, perangkat ini dilengkapi dengan kabel listrik yang aman dan tahan lama, serta tombol pengontrol suhu untuk mengatur suhu air yang diinginkan.

Baca Juga :  Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan

Pemanas air immersion sering digunakan untuk memanaskan air mandi, mencuci piring, atau memasak air untuk minuman. Keuntungan utama dari pemanas air tipe immersion adalah mudah digunakan dan portable, sehingga bisa dibawa kemana-mana dan digunakan dalam berbagai situasi.

Namun, penggunaan pemanas air immersion juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, pemanas air tipe immersion cenderung membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memanaskan air. Selain itu, karena pemanas air immersion terletak di dalam wadah air, pengguna harus berhati-hati agar tidak mengalami kecelakaan listrik yang mungkin terjadi jika kabel terkena air atau perangkat rusak.

Secara keseluruhan, pemanas air immersion merupakan alat yang berguna dan praktis untuk memanaskan air secara portable. Namun, sebelum menggunakan alat ini, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan dan melakukan perawatan secara rutin agar alat ini dapat berfungsi dengan baik dan aman.

Kesimpulan

Water heater portable adalah solusi praktis dan efektif untuk memenuhi kebutuhan air hangat di mana saja dan kapan saja. Perangkat ini memiliki banyak kegunaan dan kelebihan dibandingkan dengan water heater konvensional, seperti portabilitas, efisiensi energi, dan harga yang terjangkau.

Saat memilih water heater portabel, perhatikan kapasitas air yang dibutuhkan, daya listrik atau baterai yang dibutuhkan, kualitas dan keamanan perangkat, kemudahan penggunaan dan perawatan, serta harga yang sesuai dengan budget. Beberapa merk water heater portabel yang populer dan terkenal dengan kualitasnya antara lain Philips, Xiaomi, Midea, dan Ariston. Dengan memilih water heater portabel yang tepat, kita dapat memastikan kebutuhan air hangat kita terpenuhi dengan baik, di mana saja dan kapan saja.

Nah, itu dia informasi tentang water heater portabel. Gimana menurut kamu, apakah tertarik pakai water heater portable buat mandi pas travelling?

Scroll to Top