pemanas air modern

Pemanas Air Modern Terbaik untuk Kebutuhan Dua Kamar Mandi

Ingin punya pemanas air modern yang bisa digunain buat dua kamar mandi sekaligus? Biar tetap hemat tapi kebutuhan air panasnya terpenuhi meskipun cuma pakai 1 water heater.

Kamu ngga usah khawatir karena artikel ini akan membahas tentang pemanas air modern yang cocok untuk kebutuhan dua kamar mandi dengan rekomendasi produknya. Sebelum itu, yuk kenali dulu jenis-jenis pemanas airnya.

Jenis Pemanas Air

Pemanas Air Listrik

Pemanas air listrik adalah salah satu jenis pemanas air modern yang banyak digunakan. Water heater ini terdiri dari elemen pemanas yang terbuat dari bahan tahan karat dan diletakkan di dalam tangki air. Pemanas air listrik cocok untuk keluarga yang membutuhkan air hangat dalam jumlah kecil hingga sedang.

Namun, pemanas air listrik memiliki kelemahan pada biaya operasional yang relatif tinggi. Selain itu, pemanas air listrik juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghangatkan air.

Tips : Jika kamu menginginkan water heater listrik yang dapat memanaskan air dengan cepat, kamu dapat memilih water heater dengan daya (W) tinggi. Namun, jika kamu menginginkan water heater yang lebih hemat energi listrik, maka pilihlah water heater dengan daya yang lebih rendah atau watt kecil.

Salah satu merk pemanas air listrik yang bagus dan aman adalah Ariston. Ariston memiliki berbagai pilihan pemanas air listrik dengan kapasitas yang bervariasi, mulai dari 10 liter hingga 100 liter. Water heater listrik Ariston memiliki sistem pengaman yang lengkap, seperti proteksi terhadap kekeringan dan overheat.

Pemanas Air Gas

Pemanas air gas menggunakan bahan bakar gas sebagai sumber energi panasnya. Jenis water heater yang satu ini cocok untuk keluarga yang membutuhkan air hangat dalam jumlah yang besar.

Baca Juga :  Pemanas Air Tenaga Surya Ini Harga, Kelebihan, dan Kekurangan

Kelebihan dari pemanas air gas adalah daya pemanasnya yang lebih cepat dibandingkan dengan pemanas air listrik. Selain itu, pemanas air gas juga lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar karena gas memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan listrik.

Namun, meskipun lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar, pemanas air gas memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan pemanas air listrik. Hal ini disebabkan oleh resiko kebocoran gas yang dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan.

Tips : Pastikan memasang pemanas air gas dengan benar dan memilih merk yang memiliki sistem pengaman yang lengkap.

Salah satu merk pemanas air gas direkomendasikan adalah Rinnai. Water heater gas Rinnai memiliki sistem pengaman yang lengkap, seperti proteksi terhadap kebocoran gas dan flame failure.

Pemanas Air Tenaga Surya

Pemanas air tenaga surya atau solar water heater adalah pemanas air yang menggunakan energi matahari sebagai sumber panas untuk memanaskan air. Solar water heater sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi karbon dan menggunakan sumber daya yang tak terbatas, yaitu sinar matahari.

Prinsip kerja pemanas air tenaga surya adalah dengan menangkap energi matahari melalui panel surya yang terpasang pada atap atau dinding rumah. Energi matahari yang terkumpul akan diteruskan ke pipa yang berisi air dingin yang akan dipanaskan. Air yang telah dipanaskan akan disimpan di tangki penyimpanan untuk digunakan kapan saja.

Merk pemanas air yang memproduksi pemanas air tenaga surya diantaranya Ariston, Solahart, Rheem, Wika, dan sebagainya.

Rekomendasi Pemanas Air untuk 2 Kamar Mandi

Jika kamu memiliki 2 kamar mandi, maka pemanas air modern dengan kapasitas yang besar adalah pilihan terbaik. Terdapat beberapa produk pemanas air yang dapat digunakan untuk dua kamar mandi sekaligus, di antaranya adalah :

Baca Juga :  Alat Pemanas Air Instan

Ariston PRO1 ECO 50/80/100L

Pemanas air modern - Ariston Pro1 Eco

Water heater ini tersedia dengan kapasitas 50, 80, dan 100 liter. Dilengkapi dengan teknologi WaterPlus, Ariston Pro1 Eco dapat menyediakan air panas lebih banyak hingga 16%.

Meskipun berkapasitas besar, kamu tidak perlu khawatir tentang biaya listriknya karena produk ini memiliki Eco Evo fungsi yang membuat hemat energi hingga 14%. Konsumsi Daya 50 dan 80L yaitu 1200 Watt sedangkan kapasitas 100 L sebesar 1500 Watt dengan tegangan 220 Volt.

Sistem keamanan produknya pun absolut menjaga fungsi produk yang baik dan anti korosi. Untuk tampilan desainnya, produk ariston tidak usah diragukan lagi karena produk-produk ariston mempunyai desain mewah khas Italia. Harga dari Ariston Pro1 Eco yaitu sekitar 4,2 jutaan.

Ariston SGA 120-150-200-300

Ariston SGA - gas

Water heater Ariston SGA 120-150-200-300 adalah water heater yang berkapasitas 115, 155, 195, dan 290 liter. Water heater ini dapat bekerja di daerah terpencil dengan tekanan air rendah, dapur silinder, dan tanpa listrik. untuk bahan bakarnya, water heater Ariston SGA bisa menggunakan LPG atau gas alam dengan sistem pengapian piezoelectric. Produk inipun aman digunakan karena menggunakan katup gas dengan keamanan tiga jenis.

Rheem 4 Star

Rheem 4 star - gas

Rheem 4 Star menggunakan lebih sedikit gas daripada kebanyakan pemanas air gas lainnya dengan efisiensi energi bintang 4. Tersedia fitur tekanan utama untuk pemakaian air panas di beberapa keran di waktu yang bersamaan. Karena untuk kebutuhan komersil, water heater ini dapat memanaskan air hingga 190L di 1 jam pertama.

Joven JH-91

Joven JH-91

Pemanas air listrik Joven JH-91 memiliki kapasitas 91 liter yang bisa digunakan untuk 1 jacuzzi atau 1 Mesin Cuci, 1 Bathtub Panjang dan 1 Shower Normal, dan beberapa kondisi lainnya. Joven JH-91 membutuhkan daya 3000W dengan tegangan 240V dan dapat memanaskan air hingga 70oC. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga sekitar 6 juta.

Baca Juga :  Ariston 200 Liter: Keunggulan, dan Spesifikasinya

Khairos Thermo Direct

Khairos Thermo merupakan pemanas air tenaga surya dengan sistem direct atau pemanasan secara langsung. Tangki water heater yang berkapasitas 200 dan 300 liter ini terbuat dari bahan besi dengan lapisan eksklusif titanium enamel dilengkapi dengan magnesium anoda dan sirkuit hidolik tembaga yang menjamin ketahanan serta pemakaian jangka panjang.

Kesimpulan

Memilih pemanas air modern yang tepat untuk dua kamar mandi sekaligus, sebaiknya yang berkapasitas besar. Merk-merk ternama seperti Ariston dan Rheem menawarkan produk pemanas air modern dengan berbagai kapasitas dan teknologi terbaru yang dapat memenuhi kebutuhan air panas untuk dua kamar mandi.

Kamu bisa memilih jenis pemanas air mandi yang akan digunakan, baik listrik, gas, atau tenaga surya. Jangan lupa untuk memilih pemanas air yang sesuai dengan kebutuhan dan budget serta dipasang oleh tenaga ahli yang berpengalaman untuk memastikan pemasangan yang aman dan optimal.

Scroll to Top