air jeruk hangat untuk ibu hamil distributorariston.co.id

7+ Manfaat Air Jeruk Hangat untuk Ibu Hamil

Pernah ngga, ketika moms sedang mengandung pernah kepikiran pengen minum air jeruk hangat, tapi ragu-ragu? Aman ngga ya, buat si kecil yang ada di perut, apakah nantinya ada reaksi tertentu?

Mungkin, moms masih bingung nih, antara minum air jeruk hangat atau tidak. Tapi, air jeruk hangat memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan, lho, moms. Apa aja sih, manfaat dari air jeruk hangat? 

Selain menghilangkan dahaga dan membuat tubuh menjadi segar, air jeruk hangat memiliki banyak manfaat untuk tubuh, apalagi untuk ibu hamil. Moms pasti bertanya-tanya, apa aja manfaat yang diberikan air jeruk hangat untuk ibu hamil dan bagaimana aturan untuk meminumnya? Untuk semua pertanyaan yang moms ingin tahu jawabannya, yuk simak penjelasan berikut.

Bolehkah Ibu Hamil Minum Jeruk Hangat?

Jika moms bertanya tentang apakah boleh minum jeruk hangat saat hamil dan apakah Ibu hamil muda juga boleh minum air perasan jeruk nipis? Yaps, ibu hamil tidak dilarang minum air jeruk hangat. Hal ini karena, dalam air jeruk hangat mengandung beragam nutrisi yang pastinya baik untuk ibu hamil. Nutrisi tersebut terdiri dari Vitamin C, Vitamin A, serat, protein, asam folat, gula, dan masih banyak lagi. Nah, kandungan inilah yang dapat menjaga moms dan janin yang ada didalam perut agar tetap sehat dan ternutrisi dengan baik.

Apakah moms juga tahu jika air jeruk hangat ternyata dapat mengatasi mual yang sering terjadi pada saat moms sedang hamil muda?. Hal ini dapat terjadi karena jeruk nipis mengandung rasa asam yang dapat menetralisir adanya rasa mual. Tetapi, banyak yang bertanya amankah ketika ibu hamil mengonsumsi air hangat jeruk nipis? Moms jangan khawatir, karena jeruk nipis sangatlah aman untuk moms yang sedang hamil.

Tetapi untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari air hangat jeruk, moms juga harus memperhatikan aturan konsumsinya. Hindari mengonsumsi yang terlalu berlebihan, dan jangan konsumsi saat perut kosong. Karena hal ini dapat meningkatkan asam lambung dan nantinya akan berakibat buruk untuk kesehatan moms dan juga bayi yang ada di kandungan. 

Baca Juga :  Manfaat dan Cara Penggunaan Air Hangat dan Minyak Kayu Putih

Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil Tua

Manfaat Jeruk Untuk Ibu Hamil Tua

Apakah moms tahu ternyata jeruk menjadi salah satu buah yang memiliki banyak nutrisi dan sangat direkomendasikan untuk ibu hamil? Untuk mengonsumsinya, moms bisa juga mengolahnya menjadi jus. Nah, dengan mengonsumsi air jeruk ini dapat menjaga stamina moms dan janin yang ada di dalam perut agar tetap sehat. Mau tahu apa aja manfaat dari air jeruk hangat? Berikut manfaat dari air jeruk hangat untuk ibu hamil:

1. Sumber Kandungan Folat

Ibu hamil memiliki kebutuhan asam folat sekitar 600 mikrogram per hari. Dengan mengonsumsi air jeruk hangat per harinya akan membantu moms mendapatkan asam folat yang cukup. Karena, asam folat memiliki manfaat yang penting untuk perkembangan sistem saraf dan pembentukan tabung saraf di saat hamil pada trimester pertama. Nah, apabila moms kekurangan folat akan terjadi penutupan tabung saraf yang tidak sempurna dan janin mungkin akan cacat fisik saat lahir.

2. Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Moms pasti sudah tahu jika buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi. Dengan ini, moms dapat memenuhi kebutuhan vitamin C yang diperlukan sekitar 86 mg per harinya. Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dan antioksidan pada jeruk juga dapat meningkatkan imunitas untuk mempertahankan kesehatan moms dan janin.

3. Mengatasi Dehidrasi

Kandungan air dan vitamin C yang tinggi dalam jeruk bermanfaat mencegah dehidrasi. Dehidrasi, sudah biasa terjadi pada ibu hamil yang mengalami mual muntah saat trimester pertama. Dengan mengonsumsi segelas jus jeruk dapat menghilangkan rasa mual dan juga mengatasi kekurangan cairan pada tubuh.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Masalah pada tekanan darah pastinya banyak dialami oleh ibu hamil. Gangguan pada kehamilan sangat berhubungan dengan sistem kesehatan ibu hamil yang mengalami banyak perubahan. Jadi, moms dianjurkan untuk mengonsumsi air jeruk dengan rutin untuk meredakannya. Hal ini karena buah jeruk mengandung sekitar 338 miligram kalium yang dapat berperan penting untuk mengatur tekanan darah agar tetap stabil. Jadi, dengan inilah moms akan terhindar dari dampak buruk yang lainnya.

Baca Juga :  Water Heater Gas Bikin Boros?

5. Melawan Infeksi

Tentu saja infeksi bakteri dan kuman akan sangat berbahaya untuk ibu hamil. Semua jenis mikroorganisme tersebut akan mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin. Dengan mengonsumsi air jeruk ternyata dapat menguatkan sistem imun pada ibu hamil dalam melawan infeksi. Hal ini karena jeruk mengandung akan senyawa polifenol yang dapat mengatasi infeksi dan juga melawan kuman.

6. Melancarkan Pencernaan 

Tentu moms pasti sudah tahu tentang kandungan serat dalam buah jeruk. Kandungan serat inilah yang dapat mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit. Pada masa kehamilan mungkin moms akan mengalami masalah dalam pencernaan, terutama sembelit. Oleh karena itu, moms harus memperbanyak dalam konsumsi serat, salah satunya yaitu minum air jeruk hangat.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Moms pasti sudah sering mendengar tentang kelompok buah sitrus, kelompok yang menghasilkan buah jeruk, termasuk jeruk nipis, yang kaya akan kandungan vitamin C nya. Dengan mekonsumsi vitamin C saat moms sedang hamil akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, dengan itu moms akan terhindar dari berbagai penyakit.

Ngomong-ngomong soal meningkatkan imun tubuh, bumil yang bahagia, jauh dari stres, dapat menjaga kondisi fisik bumil tetap prima. Salah satu aktifitas yang dapat bumil lakukan adalah mandi air hangat. Mandi air hangat dapat membuat relaks, menghilangkan pegal dan lelah sepanjang hari, dan pastinya membuat ibu hamil bahagia.

Apalagi, kalau bumil tidak perlu masak air dulu agar dapat mandi air hangat. Menggunakan water heater atau pemanas air dari Ariston merupakan pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, bumil tidak perlu repot masak air secara ‘manual’ melainkan hanya pencet aja, air hangat sudah mengalir ke shower mandi. 

8. Mengurangi Mual

Jeruk nipis khas dengan rasanya yang masam. Dengan rasa masam inilah jeruk nipis dapat membantu mengurangi rasa mual saat moms sedang hamil.

Aturan Minum Jeruk Nipis Untuk Ibu Hamil

Aturan Minum Jeruk Nipis Untuk Ibu Hamil

Jeruk menjadi salah satu buah yang paling baik untuk ibu hamil. Seperti yang sudah dijelaskan di atas jika jeruk memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Meskipun memiliki manfaat yang banyak moms juga perlu memperhatikan saat mengonsumsinya. Jadi, hati-hatilah saat mengonsumsinya dan jangan berlebihan juga karena hal itu tidaklah baik untuk kesehatan.

Baca Juga :  Manfaat Rendam Kaki Pakai Air Hangat dan Garam

Minum air jeruk hangat juga memiliki takaran atau aturan konsumsi. Secara umum, mengonsumsi air jeruk nipis tidak lebih dari 2-3 sendok makan atau (3-45 ml) air jeruk nipis untuk per harinya.

Lantas, bagaimana cara membuat air jeruk nipis untuk ibu hamil? Moms bisa mencampurkan perasan jeruk nipis kedalam air hangat dan juga madu. Tidak hanya itu saja moms juga bisa menggabungkan teh dengan perasan air lemon. Untuk itu, moms tinggal memilih mau dengan cara bagaimana moms akan mengonsumsinya. Tapi, ingat tetap perhatikan takarannya.

Kesimpulan

Mengonsumsi air jeruk hangat saat moms sedang hamil, tentu saja boleh dilakukan. Hal ini karena air jeruk memiliki banyak manfaat yang diberikan untuk Ibu dan juga janin yang sedang dikandung. 

Manfaat yang dimaksud seperti dapat mengatasi mual, memperlancar pencernaan, meningkatkan imun, mengontrol tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi dehidrasi, dan masih banyak lagi. 

Walaupun jeruk memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil tetapi alangkah baiknya untuk tetap berhati-hati dalam mengonsumsinya. Perhatikan aturan minumnya dan pastikan minum air jeruk hangat saat perut tidak kosong. 

Penting bagi ibu hamil untuk tetap bahagia dan terhindar dari stres. Apabila bumil sedang lelah dan bagan terasa pegal, cobalah mandi atau berendam dalam air hangat. Mandi air hangat dapat menghilangkan pegal linu, membuat bumil relaks, dan dapat memicu bumil tidur nyenyak. Jangan lupa gunakan Ariston water heater sebagai penyedia air panasnya. Selain hemat dan ngga bikin kantong jebol, Ariston water heater juga hemat energi sehingga biaya bulanan tidak melonjak tajam.

Segera amankan pemanas air Ariston bunda dan pastikan bunda membelinya di Distributor Ariston resmi dan terpercaya di Indonesia. Hubungi kami di sini dan rasakan nyamannya mandi air hangat sekarang juga.

Scroll to Top