solar water heater indirect

Solar Water Heater Indirect Jenis, dan Keunggulannya

Dalam era yang semakin sadar akan lingkungan ini, banyak orang mencari cara untuk mengurangi dampak mereka terhadap lingkungan sambil juga menghemat uang. Salah satu cara yang semakin populer untuk mencapai ini adalah dengan menggunakan pemanas air tenaga surya, terutama solar water heater indirect. Dalam artikel ini, akan membahas segala hal tentang solar water heater indirect, termasuk perbandingannya dengan sistem direct, jenis-jenisnya, dan manfaatnya.

 

Apa itu Indirect Solar Water Heater ?prinsip kerja solar water heater indirect

Solar water heater indirect adalah sistem pemanas air tenaga surya yang menggunakan media perantara, seperti cairan antifreeze, untuk memindahkan panas dari panel surya ke air dalam tangki penyimpanan, tanpa mengalirkan air secara langsung melalui panel surya. Ini memungkinkan sistem bekerja lebih efisien dan mengurangi risiko kerusakan akibat pembekuan. Sistem ini biasanya lebih cocok untuk daerah dengan suhu dingin. Adapun prinsip kerjanya adalah sebagai berikut:

1. Panel Surya

Sistem ini melibatkan panel surya khusus yang terpasang di atap atau tempat terpapar matahari lainnya. Panel surya ini berfungsi untuk menyerap energi panas dari sinar matahari.

2. Media Perantara

Cairan antifreeze atau media perantara lainnya mengalir melalui panel surya. Media perantara ini akan mengambil panas dari panel surya dan mengalirkannya ke tangki penyimpanan air.

3. Tangki Penyimpanan Air

Tangki penyimpanan air yang biasanya terisolasi dengan baik berfungsi untuk menyimpan air yang akan digunakan untuk keperluan domestik atau komersial. Panas yang dihasilkan oleh media perantara akan ditransfer ke air dalam tangki penyimpanan, sehingga air tersebut menjadi panas dan siap digunakan.

 

Solar Water Heater Direct vs Indirect

perbedaan solar water heater direct dan indirect

Apa dua jenis sistem pemanas pemanas air tenaga surya? Sebelum kita masuk ke dalam detail tentang solar water heater indirect, sebaiknya pahami terlebih dahulu tentang perbedaan utama antara solar water heater direct dan indirect. Simak penjelasan berikut:

Baca Juga :  Harga Pemanas Air Solar Cell dan Keuntungannya

a) Solar Water Heater Direct

Sistem direct adalah jenis solar water heater yang mengalirkan air langsung melalui panel surya untuk dipanaskan. Ini berarti air keran akan menerima panas langsung dari matahari. Namun, ada potensi risiko kerusakan jika air beku di dalam panel surya saat suhu turun di malam hari atau musim dingin.

b) Solar Water Heater Indirect

Sistem indirect, di sisi lain, menggunakan cairan antifreeze sebagai media perantara untuk memindahkan panas dari panel surya ke tangki penyimpanan air. Dengan ini, risiko pembekuan dan kerusakan yang disebabkan oleh suhu beku bisa diminimalkan. Solar water heater ini juga lebih efisien dalam daerah yang sering mengalami suhu rendah.

 

Keunggulan Solar Water Heater Indirectkeunggulan solar water heater indirect

Sistem pemanas air tenaga surya indirect memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang:

1. Keamanan dan Perlindungan

Salah satu keunggulan utama sistem indirect adalah perlindungan terhadap pembekuan. Dengan menggunakan cairan antifreeze sebagai media perantara, risiko kerusakan akibat suhu beku sangat diminimalkan, bahkan di daerah dengan musim dingin yang ketat.

2. Efisiensi Energi

Sistem indirect bisa bekerja lebih efisien dalam berbagai kondisi cuaca. Mereka tidak hanya mengandalkan sinar matahari langsung, tetapi juga bisa menghasilkan panas dari sinar matahari yang tersebar dan bahkan pada hari berawan. Ini membuatnya cocok untuk penggunaan sepanjang tahun.

3. Hidup Lebih Lama

Dikarenakan risiko pembekuan yang lebih rendah dan penggunaan cairan antifreeze yang melindungi sistem, solar water heater ini cenderung memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan dengan sistem direct.

4. Fleksibilitas

Kamu bisa dengan mudah mengintegrasikan solar water heater ini ke dalam sistem pemanasan air yang ada di rumah. Ini membuatnya menjadi pilihan yang mudah diadopsi untuk pemilik rumah yang ingin mengurangi biaya energi mereka.

Baca Juga :  Pemanas Air Tenaga Surya Terbaik: Merk, dan Kelebihanya

5. Ramah Lingkungan

Dengan mengandalkan energi matahari sebagai sumber panas utama, water heater indirect bisa membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan kontribusi terhadap perubahan iklim. Ini adalah langkah yang positif menuju energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

 

Jenis-Jenis Solar Water Heater Indirect

Solar water heater indirect adalah pemanas air tenaga surya yang menggunakan media perantara, seperti cairan antifreeze atau cairan panas lainnya, untuk memindahkan panas dari panel surya ke tangki penyimpanan air tanpa mengalirkan air langsung melalui panel surya. Berikut jenis-jenisnya yang meliputi:

1. Kairos Thermo HF

Kairos Thermo HF indirect adalah pemanas air tenaga surya yang diproduksi oleh Ariston. Ini adalah pemanas air berkinerja tinggi dan hemat energi yang menggunakan energi surya untuk memanaskan air untuk keperluan rumah tangga. Kairos Thermo HF indirect memiliki sejumlah fitur yang menjadikannya pilihan yang baik untuk pemanas air tenaga surya, termasuk:

1) Heat exchanger

Kairos Thermo HF mempunyai heat exchanger terbaru dengan kinerja tinggi yang menghasilkan air panas dengan cepat secara instan.

2) Pelat pelapis biru

Lembaran permukaan berwarna biru yang memberikan kinerja tinggi dengan tingkat penyerapan sinar matahari hingga 95% dan 5% tingkat refleksi atau pantulan energi yang terbuang.

3) Permukaan kolektor luas

Dengan permukaan kolektor yang luas memungkinkannya mengumpulkan lebih banyak sinar matahari dan menghasilkan lebih banyak air panas.

4) Desain kolektor tidak langsung

Desain kolektor tidak langsung Kairos Thermo HF indirect membantu melindungi tangki dari korosi dan kerusakan akibat sinar matahari ini yang menjamin umur pakai akan lebih lama.

2. Indirect Solar Water Heater System

Sistem solar water heater indirect adalah sistem yang paling umum digunakan. Ini terdiri dari panel surya, tangki penyimpanan air, dan sistem perantara untuk mentransfer panas dari panel surya ke air. Sistem ini bisa disesuaikan dengan berbagai ukuran dan kebutuhan rumah tangga.

Baca Juga :  Spesifikasi Water Heater Gas Ariston Fast R dan Ariston Fast R Lux

3. Indirect Thermosiphon Solar Water Heater

Thermosiphon adalah proses alami di mana air panas naik ke atas karena perbedaan densitas dengan air dingin yang lebih berat. Solar water heater indirect thermosiphon menggunakan prinsip termal yang sederhana, yaitu denganĀ  mengalirkan air melalui sistem tanpa memerlukan pompa. Ketika cairan antifreeze dalam panel surya dipanaskan oleh sinar matahari, itu menjadi kurang padat dan naik ke atas melalui pipa ke tangki penyimpanan air yang terletak di atasnya. Pada saat yang sama, air dingin dari tangki turun ke panel surya untuk dipanaskan kembali.

Ini adalah opsi yang ramah lingkungan dan hemat energi. Selain itu, karena tidak ada bagian bergerak yang sering rusak, maintenance menjadi lebih mudah dan biaya operasional lebih rendah.

 

Kesimpulan

Solar water heater indirect adalah solusi yang pastinya sangat efisien dan ramah lingkungan untuk memanaskan air di rumah. Dengan berbagai jenis seperti Electrolux, thermosiphon, dan heat exchanger, kamu memiliki pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan. Dengan memilih sistem yang tepat dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi geografis dan ukuran tangki, kamu bisa menghemat uang dan berkontribusi pada perlindungan lingkungan sekaligus. Solar water heater adalah investasi yang cerdas untuk masa depan yang lebih berkelanjutan.

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini dan memahami perbedaan antara pemanas air direct dan indirect, kamu bisa membuat keputusan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pemanasan air. Water heater indirect adalah investasi yang berkelanjutan, yang akan membantu menghemat uang dan berkontribusi pada perlindungan lingkungan. Jadi, tunggu apalagi? Beli sekarang juga dan dapatkan penawaran terbaik dari Ariston solar water heater.

 

Scroll to Top