pemanas air tenaga surya

Pemanas Air Tenaga Surya Ini Harga, Kelebihan, dan Kekurangan

Pemanas air tenaga surya adalah sebuah alat yang memanfaatkan energi matahari untuk memanaskan air. Alat ini menjadi semakin populer di Indonesia karena harganya yang terjangkau, ramah lingkungan, hemat energi dan manfaatnya yang banyak. Dalam artikel ini, akan membahas tentang pemanas air tenaga surya, mulai dari merek terbaik, harga, cara kerja, kelebihan, hingga kekurangannya.

 

Pemanas Air Tenaga Surya Terbaikpemanas air tenaga surya terbaik

Merk pemanas air tenaga surya terbaik itu apa? Water heater merk apa yang bagus? Ada banyak merk pemanas air tenaga surya yang beredar di Indonesia. Salah satunya yaitu Ariston. Ariston adalah salah satu merk pemanas air ternama di dunia. Produk-produk Ariston dikenal dengan desainnya yang elegan dan fitur-fitur canggihnya. Berikut adalah beberapa produk pemanas air tenaga surya terbaik dari Ariston:

1. Ariston Kairos Thermo DR-2

Pemanas air tipe direct dari Ariston ini memiliki kapasitas 200 liter. Pemanas air ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti kontrol suhu digital, dan lapisan anti-karat.

2. Ariston Lydos Hybrid 200

Water heater hybrid dari Ariston ini memiliki kapasitas 200 liter. Water heater ini menggabungkan tenaga surya dan listrik untuk memanaskan air, sehingga bisa digunakan di malam hari atau saat cuaca buruk dan tentunya dilengkapi dengan kontrol suhu digital dan juga lapisan anti karat.

3. Ariston Kairos Thermo HF

Solar water heater tipe direct dari Ariston ini memiliki kapasitas 300 liter. Pemanas air ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti kontrol suhu digital, dan lapisan anti-karat.

 

Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Suryacara kerja dari pemanas air tenaga surya

Apakah pemanas air tenaga surya tidak menggunakan listrik? Jawabannya sudah pasti tidak. Karena, pemanas air ini menggunakan energi matahari untuk memanaskan air yang disimpan di dalam tangki. Sebelum membahas lebih lanjut, apakah kamu tau bagaimana cara kerja solar water heater? Nah, jadi ayo pahami cara kerja pemanas air tenaga surya. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

Baca Juga :  Harga Pemanas Air Solar Cell dan Keuntungannya

1. Penangkapan Energi Matahari

Pemanas air ini dilengkapi dengan panel surya yang menangkap energi matahari. Panel-panel ini terbuat dari bahan khusus yang mampu menyerap panas matahari.

2. Konversi Energi

Energi matahari yang ditangkap oleh panel surya dikonversi menjadi panas. Ini terjadi ketika sinar matahari mengenai panel, dan energinya diubah menjadi panas yang bisa digunakan.

3. Pemanasan Air

Panas yang dihasilkan dari panel surya digunakan untuk memanaskan air dalam tangki pemanas. Air dingin dari pasokan air masuk ke dalam tangki ini dan dipanaskan oleh energi matahari yang telah dikonversi menjadi panas.

4. Distribusi Air Panas

Air yang telah dipanaskan kemudian didistribusikan ke keran air panas di rumah. Kamu bisa menggunakannya untuk mandi, mencuci piring, atau keperluan lain yang memerlukan air panas.

 

Harga Pemanas Air Tenaga Surya

Harga pemanas air tenaga surya bervariasi, tergantung pada kapasitas, merk, dan fiturnya. Pemanas air tenaga surya terbaik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi, tetapi mereka juga lebih tahan lama dan efisien. Harga rata-rata untuk pemanas air ini berkisar antara beberapa juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung pada ukuran dan fitur tambahan. Memang harga water heater ini bisa dibilang cukup mahal. Secara umum, harga pemanas air ini berkisar antara Rp30 juta hingga Rp50 jutaan. Berikut adalah beberapa contoh harga solar water heater Ariston:

1. Ariston Kairos Thermo DR-2 (200 liter)

Pemanas air tipe direct ini mempunyai kapasitas 200 liter dilengkapi fitur kontrol suhu digital dan lapisan anti-karat yang terjamin berkualitas dengan harga berkisar 40 jutaan aja.

2. Ariston Kairos Thermo HF (300 liter)

Mempunyai heat exchanger terbaru yang memungkinkan memproduksi air panas dengan cepat. Menggunakan lembaran permukaan berwarna biru yang memberikan kinerja sangat tinggi. Karena kecanggihannya tipe ini dijual dengan harga berkisar 50 jutaan saja loh.

Baca Juga :  Ariston Kairos Thermo HF 300 Pemanas Air Berkualitas

 

Kelebihan dan Kekurangan Water Heater Tenaga Suryakelebihan dan kekurangan dari water heater tenaga surya

Pemanas air ini memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya di rumah. Simak beberapa kelebihan dan kekurangan utamanya berikut ini:

a) Kelebihan 

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari pemanas air ini:

1. Ramah Lingkungan

Salah satu keunggulan terbesarnya adalah bahwa mereka menggunakan sumber energi yang tidak terbatas dan ramah lingkungan, yaitu sinar matahari. Ini membantu mengurangi emisi karbon dan ketergantungan pada bahan bakar fosil, yang merupakan kontribusi positif terhadap lingkungan.

2. Efisiensi Energi

Pemanas air ini biasanya sangat efisien dalam mengubah energi matahari menjadi panas untuk memanaskan air. Mereka bisa menghemat biaya energi secara signifikan dalam jangka panjang.

3. Biaya Operasional Rendah

Setelah water heater ini dipasang, biaya operasionalnya cenderung rendah. Jadi, kamu tidak perlu membayar biaya listrik tambahan untuk memanaskan air.

4. Kemungkinan Subsidi

Beberapa pemerintah dan organisasi mungkin menawarkan insentif atau subsidi untuk instalasi pemanas air ini. Jadi, hal ini bisa membantu mengurangi biaya awal.

5. Pemanasan Air Sepanjang Tahun

Water heater ini bisa digunakan sepanjang tahun, terutama jika sistemnya dilengkapi dengan elemen pemanas cadangan untuk hari-hari ketika sinar matahari tidak mencukupi.

b) Kekurangan 

Pemanas air ini juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

1. Biaya Awal Tinggi

Salah satu hambatan utama adalah biaya awal instalasi pemanas air  yang cukup tinggi. Meskipun biaya ini bisa diimbangi dengan penghematan energi dalam jangka panjang, biaya awalnya tetap menjadi faktor pertimbangan.

2. Ketergantungan pada Cuaca

Kinerja water heater ini sangat tergantung pada cuaca dan sinar matahari yang tersedia. Pada hari-hari berawan atau saat cuaca buruk, produksi panas bisa berkurang, dan kamu juga mungkin perlu mengandalkan pemanas cadangan atau sumber energi lain.

Baca Juga :  Cara Kerja, Instalasi, dan Harga Terbaru Water Heater Gas Ariston

3. Ruangan yang Dibutuhkan

Instalasi pemanas air yang satu ini memerlukan cukup ruang, terutama jika kamu memiliki tangki penyimpanan besar atau panel surya yang luas. Ini bisa menjadi kendala jika kamu memiliki ruang yang terbatas.

4. Perawatan Rutin

Seperti semua perangkat, water heater tenaga surya memerlukan perawatan rutin. Panel surya perlu dibersihkan secara berkala, dan perawatan teknis mungkin diperlukan untuk memastikan sistem tetap berfungsi dengan baik.

5. Biaya Service Pemanas Air Tenaga Surya

Jika water heater ini mengalami masalah atau kerusakan, biaya perbaikan bisa cukup tinggi tergantung pada jenis kerusakan yang terjadi.

 

Kesimpulan

Pemanas air tenaga surya adalah solusi inovatif yang ramah lingkungan dan bisa menghemat biaya energi dalam jangka panjang. Dengan pemahaman yang baik tentang cara kerjanya, pilihan merek terbaik, dan perawatan yang tepat, kamu bisa  menjadikannya pilihan yang bijak untuk memenuhi kebutuhan air panas kamu. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan sebelum membuat keputusan akhir. Jadi, ingatlah bahwa investasi dalam water heater tenaga surya bisa membantu kamu untuk menghemat energi dan uang dalam jangka panjang, sambil memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Mau cari pemanas air tenaga surya yang berkualitas tinggi dan tahan lama? Sudah pasti Ariston pilihan tepatnya. Klik disini untuk mendapatkan produk terbaik incaran kamu sekarang juga.

 

Scroll to Top