air hangat untuk asam lambung

Air Hangat bagi Penderita Asam Lambung

Air hangat memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu dapat meredakan gejala asam lambung. Selain meredakan GERD, air hangat juga bermanfaat untuk kesehatan usus, melancarkan sistem pencernaan dan menetralkannya agar tidak berlebihan.

Selain asam lambung, air hangat juga dapat membersihkan saluran pencernaan, mengkonsumsi air hangat di pagi hari dapat memecahkan makanan di lambung. Oleh karena itu, sebaiknya meminum air hangat secara perlahan-lahan.

Bolehkah Penderita Asam Lambung Minum Air Hangat?

Penderita asam lambung boleh minum air hangat, karena manfaat dari air hangat yaitu meredakan asam lambung. Oleh karena itu, para dokter menyarankan penderitanya untuk mengonsumsi udara hangat daripada udara dingin karena dapat memicu dampak buruk akibat asam lambung. Bukan menyenangkan, tetapi akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Manfaat Air Hangat untuk Asam Lambung

manfaat air hangat untuk asam lambung

Selain membantu mengatasi masalah asam lambung, minum air hangat juga banyak manfaat lainnya. Yuk, ketahui manfaat lainnya.

1. Meredakan gejala GERD dan maag

Air hangat juga bisa membunuh bakteri berbahaya yang ada di dalam lambung sehingga tubuh terlindungi dari infeksi. 

2. Gejala kambuhnya GERD dan maag

Biasa minum air hangat juga dapat mencegah kambuhnya gejala GERD dan maag, karena kombinasi air hangat dan juga serat dapat menyerap asam lambung yang berlebih.

3. Meredakan peradangan 

Air hangat juga dapat membantu meredakan peradangan di dinding lambung dan kerongkongan sehingga dapat mengurangi gejala seperti terbakar.

Tips Mengatasi Asam Lambung atau GERD 

tips mengatasi asam lambung

Beberapa gejala asam lambung jika tidak segera ditangani juga dapat mengganggu aktivitas seperti tenggorokan seperti terbakar, nyeri pada lambung dan juga mulut akan terasa pahit. Ada beberapa tips untuk mengatasi asam lambung atau GERD dengan cepat dengan cara : 

1. Minum air hangat 

Cara pertama mengatasi GERD yaitu dengan minum air hangat. Cara ini dapat menetralkan asam lambung yang naik dan menetralkan sensasi tidak enak di tenggorokan dan lambung.

Baca Juga :  Air Panas untuk Kulit Wajah

2. Minum obat asam lambung

Cara yang kedua mengatasi asam lambung, segeralah minum obat asam lambung untuk menetralkan sensasi tidak enak.

3. Air Jahe 

Selain pilihan di atas, cara mengatasi asam lambung bisa juga dengan jahe. Rempah jahe adalah obat alami untuk mengobati gangguan pencernaan karena dapat meredakannya.

4. Berbaring dengan posisi kepala lebih tinggi

Ketika asam lambung sedang kambuh, kamu bisa nyaman dengan mengatur posisi tidur. Posisi yang benar saat asam lambung kambuh ketika berbaring pastikan posisi kepala lebih tinggi dari badan untuk mencegah asam lambung naik.

Mandi Air Hangat Bagi Penderita Asam Lambung 

Selain minum air hangat, mandi menggunakan air hangat juga bermanfaat untuk meredakan gejala GERD karena air hangat membawa kelegaan dan relaksasi bagi penderita penyakit ini. Berikut ini manfaat mandi air hangat bagi penderita asam lambung:

1. Mengurangi stres dan mengurangi asam lambung

Stres dapat memicu meningkatnya asam lambung, sedangkan air mandi hangat menjadi salah satu cara untuk mengurangi tingkat stres. Ketika stres mereda, gejala asam lambung juga ikut membaik.

2. Relaksasi otot untuk keseimbangan yang lebih baik 

Asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan ketegangan pada otot sekitar lambung dan juga kerongkongan. Manfaat mandi air hangat menjadi cara untuk mengurangi ketegangan otot bagi penderitanya. 

3. Membakar kalori

Pembakaran kalori pada penderita asam lambung menjadi salah satu manfaat mandi air hangat. Karena dapat menyeimbangkan nutrisi yang masuk dan keluar dan mencegah penumpukan lemak yang berlebih.

Terapi Air Hangat untuk Penderita Asam Lambung

Terapi air hangat cara menjadi untuk mengatasi asam lambung dengan tepat agar tidak mengganggu kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Memaksimalkan Kecantikan Kulit dengan Mengompres Wajah dengan Air Hangat

1. Persiapkan terlebih dahulu air hangat

Panaskan air hangat di dalam wadah/tempat yang nyaman dan aman, pastikan juga suhunya tidak terlalu panas.

2. Duduk atau berbaring dengan rasa nyaman 

Pilihlah posisi duduk atau berbaring yang nyaman yang membuat kamu merasa santai.

3. Rendam juga bagian perut 

Rendam juga bagian perut kamu di dalam air hangat selama 10-15 menit atau sesuai dengan kenyamanan kamu.

4. Relaksasi dan pernapasan dalam-dalam 

Teknik pernapasan ini juga membantu mengurangi stres dan juga ketegangan yang dapat membantu mengurangi gejalanya.

5. Selesai dengan pelan-pelan 

Setelah selesai terapi, angkat pelan-pelan tubuh kamu dari air lalu keringkan dengan handuk.

Cara Mengkonsumsi Minum Air Hangat yang Baik dan Benar bagi Asam Lambung

cara minum air hangat dengan baik dan benar

Manfaat pada air hangat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan air putih biasa, minum air juga membantu memenuhi asupan cairan yang ada pada tubuh agar tidak dehidrasi, dapat melumasi sendi, dan menjaga suhu pada tubuh agar tetap normal. Bagi penderita GERD minum air hangat memberikan manfaat meringankan GERD dan maag bahkan mencegah agar tidak kambuh. Berikut tips meminum air hangat yang baik dan benar.

1. Pilih air yang hangat, jangan air yang panas

disarankan, jika ingin minum pilihlah air yang hangat, jangan minum dengan air panas. Alasannya, air panas sering kali membuat lidah menjadi mati rasa sehingga dapat menimbulkan sensasi yang tidak nyaman di mulut.

2. Minum sesuai dengan kebutuhan tidak berlebihan 

Cara minumnya yang baik dan benar berikutnya adalah tidak berlebihan. Tetapi, perlu mencukupi kebutuhan udara per harinya sekitar 2500 ml perhari.

3. Waktu terbaik untuk minum air hangat 

Minum air hangat pada pagi hari diketahui dapat membantu melancarkan sistem pencernaan agar buang air lebih mudah.

Baca Juga :  Maintenance Solar Water Heater Ariston Kairos Thermo DR 300 TR Jakarta Barat, Oktober 2023

4. Bisa dibuat untuk minuman hangat 

Cara terakhir bersifat opsional, cara minum air hangat juga dapat dibuat minuman hangat seperti teh jahe hangat atau juga rebusan air jahe agar menyegarkan tubuh dan melancarkan pencernaan.

Apakah Boleh Penderita Asam Lambung Minum Air Dingin?

Minum air dingin memang sangat menyegarkan. Namun, jika sedang naik atau maag sedang kambuh, bolehkah minum air dingin? Menurut klikdokter, minum air dingin sebenarnya tidak menjadi masalah dan tidak memicu maag kambuhan.

Jadi, boleh-boleh saja asal jangan berlebihan. Jika minum air dingin memberikan manfaat mendorong kamu lebih banyak minum, hal ini juga akan membantu meringankan gejala rasa tak nyaman saat sedang kambuhan. Disarankan untuk membatasi minum air es atau membuat agar suhunya tidak terlalu dingin agar lebih aman untuk sistem pencernaan kamu.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa minum air putih saat asam lambung kambuh membantu menurunkan tingkat keasaman dalam lambung.

Kesimpulan

Jadi manfaat, tips dan juga cara minum air hangat bagi penderita penyakit ini yang baik dan benar untuk menjaga kesehatan lambung. Kesimpulannya, air hangat atau air dingin bisa diminum saat sedang kambuhan, namun harus dalam batas yang wajar. Konsultasikan juga pada dokter untuk mencegah gejala semakin parah. Semoga informasi ini membantu kamu dalam mengatasi atau meredakan gejalanya, tetaplah menjaga pola makan dan minum agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.  

Jangan lupa minum air hangat agar kesehatan lambung tetap terjaga. Gunakan pemanas air Ariston sebagai penyedia air hangat yang praktis dan hemat energi. Pesan sekarang juga dan dapatkan produk produk terbaik Ariston.

Scroll to Top