mandi air hangat saat batuk Distributor Ariston

Mandi Air Hangat Saat Batuk, Apakah Bisa Menghilangkannya?

Mandi  saat batuk menggunakan air hangat bisa juga dilakukan untuk meredakan gejala batuk seperti batuk berdahak, batuk kering karena uap air yang hangatnya dapat membantu meredakan dahak serta melegakan pernafasan dan tenggorokan. Namun perlu diketahui perawatan menyembuhkan batuk akan sembuh dengan sendirinya ataupun mengonsumsi obat batuk.

 Apakah Boleh Mandi Saat Batuk?

 Salah satu gejala paling umum diderita orang saat batuk adalah berdahak.Untuk meringankan batuk ini mandi air hangat menjadi solusi yang efektif.jadi tidak ada pantangan untuk mandi saat batuk. Atau sebaiknya suhu ruangan tidak terlalu dingin atau terlalu hangat untuk mandi pada saat batuk.

Manfaat Mandi Air Hangat Saat Batuk

Mandi air hangat adalah salah satu metode yang digunakan untuk merawat kesehatan tubuh.Selain itu manfaat mandi air hangat saat batuk banyak memberikan manfaat untuk meredakan batuk seperti:

   1. Mengurangi gejala batuk

Karena temperatur air yang hangat dapat meningkatkan kapasitas  paru-paru,asupan oksigen lebih banyak, membuat pernafasan lebih ringan.

   2. Membantu melonggarkan sekresi sehingga batuk berkurang

Mandi saat batuk juga dapat membantu melonggarkan sekresi sehingga batuk berkurang karena kehangatan air.

   3. Meredakan gejala pilek

Salah satu manfaat mandi air hangat adalah meredakan gejala batuk, karena uap air yang hangat dapat melegakan pernafasan yang tersumbat.

   4. Meningkatkan kapasitas paru paru

Ada juga  cara untuk meningkatkan kapasitas paru-paru, dan efisiensi paru-paru dalam menangkap oksigen dengan mandi air hangat,  manfaat mandi air hangat saat batuk juga dapat membantu proses pernafasan agar lebih lega saat batuk.

Cara Menghilangkan Batuk dengan Cepat 

cara menghilangkan batuk dengan cepat menggunakan obat herbal

Batuk memang akan hilang sendiri dalam jangka waktu 1 – 2 minggu. Namun, batuk bisa diatasi agar tidak berlarut-larut. Beberapa cara untuk menghilangkan batuk dengan cepat sebagai berikut:

1. Meningkatkan asupan cairan

Menghilangkan batuk dengan cepat dengan meningkatkan asupan cairan seperti minum air putih terutama air yang hangat, teh hangat dan lainnya.

Baca Juga :  Manfaat dan Cara Penggunaan Air Hangat dan Minyak Kayu Putih

2. Mengonsumsi obat batuk alami atau obat medis

Beberapa obat batuk alami juga dapat digunakan untuk menjadi obat alami seperti 

Jahe

Mengkonsumsi jahe  sebagai obat batuk alami dapat mengurangi  dahak, mencegah infeksi, meringankan radang di tenggorokan 

Daun Mint

Daun mint bekerja melonggarkan saluran pernafasan dan melegakan hidung tersumbat.

Kunyit

Kunyit mengandung senyawa yang dipercaya untuk meredakan batuk dengan cepat dan alami.

Lemon

Lemon mengandung vitamin C  untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan di percaya dapat menangani batuk.

Madu

Kandungan pada madu dapat membantu mengatasi batuk.

Nanas 

Kandungan pada nanas dapat membantu memecahkan atau mengencerkan dahak dan lendir  yang ada di tenggorokan.

Akar licorice

 

Selain mengonsumsi obat alami tersebut, bisa juga dengan menggunakan obat apotek atau resep dokter yang ampuh yang dijual bebas yaitu :

Actifed plus expectorant sirup 

Obat ini efektif meredakan batuk berdahak  karena mengandung triprolidine HCI,, pseudoephedrine HCI, dan guaiphenesin.

Sanadryl expectorant sirup 

Obat ini menjadi rekomendasi obat batuk yang ampuh karena setiap 5ml mengandung diphenhydramine HCI, ammon CI, K-guaiacolsulfonate, natrium citrate, menthol.

OBH combi batuk berdahak  menthol

OBH combi juga membantu mengeluarkan dahak karena mengandung succus liquiritiae, ammonium chloride, ethanol.

Silex Sirup 

Obat batuk silex dengan kandungan primulae, althaea, thyme, droserae dan bahan bahan lainnya.untuk melegakan tenggorokan pada saat batuk dan pilek. 

3. Menjaga kelembaban dan kebersihan udara di lingkungan rumah

Menjaga kelembaban dan kebersihan lingkungan dan kebersihan udara menjadi salah satu untuk menghilangkan batuk. 

4. Mandi atau berendam air hangat

Mandi atau berendam juga membantu meredakan batuk. Karena uap dari air hangat bisa meredakan batuk dan juga pilek.

  Kelebihan Mandi Air Hangat

kelebihan mandi air hangat

Apa sih, kelebihan mandi air hangat untuk kesehatan yang dapat di lihat di antaranya  :

Baca Juga :  Manfaat Air Lemon Hangat untuk Menurunkan Berat Badan

Meredakan nyeri otot

Mandi air hangat bisa menjadi kelebihan mandi air hangat. Aktivitas ini juga dapat melemaskan otot-otot yang tegang atau meredakan nyeri otot. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa yang tidak nyaman pada sendi dan juga pada tulang.

Mengatasi iritasi kulit

 mandi dan berendam di air yang  hangat dan dicampur dengan  bubuk oatmeal dapat juga mengatasi keluhan tersebut. karena mandi air hangat dapat melembabkan dan meredakan peradangan pada kulit agar tidak iritasi.

Meredakan stres

Dari mandi air hangat juga dapat memberikan rasa nyaman dan tenang sehingga stres dapat mereda. Selain itu, mandi air hangat juga melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi stres.

Melegakan napas

Mandi air hangat dapat juga melembabkan saluran hidung dan membuka saluran hidung yang tersumbat. Dengan begitu,  bisa bernapas lebih lega dan gejala flu dapat mereda. Mandi air hangat juga bisa mengencerkan dahak, dan lebih mudah dikeluarkan dari paru-paru dan saluran napas.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

 Mandi air hangat juga dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Meningkatkan suhu tubuh dan juga kontraktilitas pada jantung

Efek dari mandi menggunakan air hangat dalam waktu jangka panjang juga dapat membantu memperbaiki fungsi vascular dan juga meningkatkan suhu tubuh dan kontraktilitas pada jantung.

Mengurangi nyeri dan kaku

Mandi air hangat dapat meredakan nyeri dan kaku pada persendian atau otot. Bermanfaat bagi para penderita arthritis atau cedera ringan. 

Tips Mandi Air Hangat untuk Kesehatan yang Efektif

Tips mandi air hangat untuk kesehatan yang efektif

Bagaimana sih, mandi air hangat yang efektif untuk kesehatan. Ikuti tips di bawah ini:

1. Carilah suhu air yang nyaman 

Direkomendasikan suhu air hangat yang nyaman untuk mandi adalah 98-105 derajat fahrenheit atau 37-41 derajat celcius. suhu tersebut tergolong ke dalam suhu yang nyaman untuk kulit karena dapat membuat tubuh terasa rileks tanpa membuat kulit terasa terbakar atau kelembapannya hilang. 

Baca Juga :  Manfaat Air Hangat Dicampur Garam untuk Merendam Kaki dan Caranya

2. Tambahkan minyak aromaterapi atau garam mandi

Teteskan beberapa minyak terapi atau taburkan garam mandi, ini dapat memberikan relaksasi lebih baik pada tubuh dan juga pikiran.

3. Minum air putih sebelum dan sesudah mandi agar tetap terhidrasi

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan minum segelas air sebelum dan sesudah mandi air hangat untuk mencegah tubuh kurang terhidrasi.

4. Dapat membuat tidur lebih nyenyak

 Bagi kalian yang mengalami insomnia atau kesulitan saat tidur.kalian dapat mencoba            menanganinya dengan  mandi air hangat 1,5 – 2 jam sebelum tidur.

Bisakah mandi air hangat setiap hari?

Walaupun mandi air hangat baik untuk kesehatan. Ada juga bahaya mandi air hangat lhoo… salah satu kemungkinan dampak negatif dari mandi air hangat setiap hari dapat menyebabkan pori-pori membesar, menimbulkan jerawat,  juga membuat kulit menjadi kering dan kulit menjadi sensitif.

Kesimpulan

Itulah  manfaat dan juga tips mandi air hangat di saat batuk dan berbagai tips lainnya. Tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik dan kesehatan mental juga. Namun, sebelum mencoba mempraktikkan tips  ini, konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan terutama jika kamu memiliki kondisi tertentu.

Meskipun air hangat banyak manfaat hindari juga mandi air hangat terlalu sering karena ada dampak buruknya juga. Jika ingin mendapatkan pengalaman dalam mandi air hangat, pertimbangkan juga untuk membeli water heater Ariston. Dengan menggunakan teknologi yang canggih dan kualitas yang terjamin, anda dapat membeli water heater untuk kebutuhan  dalam menuju kulit yang sehat dan terawat. Klik disini sekarang untuk mendapatkan water heater terbaik pilihanmu.

Scroll to Top