penyebab water heater tidak panas

4 Penyebab Water Heater Ariston Tidak Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab water heater ariston tidak panas – Ngeselin ya, disaat butuh air hangat, pengen berendam, tapi malah airnya ngga panas. Sebenarnya, ada apa aja sih, penyebab water heater tidak panas? 

Jika kamu ingin mengatasi masalah tersebut, tentunya kamu harus mengidentifikasi dulu penyebabnya. Penyebab water heater Ariston yang tidak panas bisa beragam, mulai dari adanya masalah pada aliran listrik, elemen pemanas yang rusak, thermostat yang bermasalah, dan jalur air panas yang tersumbat. Selanjutnya, kamu dapat memperbaiki dengan solusi-solusi berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Water Heater Tidak Panas

Beberapa hal berikut ini dapat menyebabkan water heater tidak panas, diantaranya adalah :

1. Tidak Ada Aliran Listrik (Kabel-Kabel Ada yang Putus, dan ELCB Tidak Berfungsi)

salah satu penyebab water heater tidak panas yaitu kabel terputus

Salah satu penyebab water heater yang tidak panas yaitu tidak ada aliran listrik, seperti kabel-kabel yang putus dan ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) yang tidak berfungsi, dapat menjadi masalah umum yang menghambat fungsi normal dari water heater.

Kabel-kabel yang putus dapat terjadi karena beberapa alasan, seperti kerusakan fisik pada kabel, koneksi yang longgar, atau usia kabel yang sudah tua dan rapuh. Jika kabel-kabel terputus, arus listrik tidak akan mencapai elemen pemanas water heater, sehingga menyebabkan ketiadaan panas. Pemeriksaan dan penggantian kabel yang rusak atau terputus diperlukan untuk memperbaiki masalah ini.

ELCB adalah perangkat pengaman yang dirancang untuk mendeteksi kebocoran arus listrik (ground fault) dan memutus aliran listrik untuk mencegah kecelakaan listrik. Jika ELCB tidak berfungsi dengan baik atau terputus, maka sirkuit listrik yang menghubungkan water heater tidak akan diberi aliran listrik. Hal ini akan mengakibatkan water heater tidak dapat menghasilkan panas. Memeriksa kondisi ELCB dan memperbaikinya jika terjadi masalah adalah langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga :  Teh Hangat Campur Jeruk Nipis: Manfaat, Resep, dan Tips Sehat

Cara Mengatasi Kabel yang Terputus

Jika water heater tidak panas akibat elemen pemanas yang mati, langkah-langkah berikut dapat diambil :

1. Periksa Kelistrikan

Pastikan water heater terhubung dengan sumber listrik yang baik dan tidak ada gangguan pada sirkuit listrik yang menghubungkan elemen pemanas.

2. Periksa Elemen Pemanas

Periksa kondisi elemen pemanas, periksa apakah ada kerusakan, korosi, atau penumpukan kerak. Jika elemen pemanas terlihat mati atau rusak, gantilah dengan elemen pemanas yang baru.

3. Panggil Teknisi Professional

Jika kamu tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman dalam mengganti elemen pemanas atau menangani masalah listrik, sebaiknya memanggil teknisi profesional. Teknisi akan memeriksa secara menyeluruh, mendiagnosis masalah dengan elemen pemanas, dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

2. Elemen Pemanas Water Heater yang Rusak

elemen pemanas water heater yang berkerak

Elemen pemanas pada water heater terbuat dari bahan resistif yang memanaskan air saat dialiri listrik. Seiring waktu dan penggunaannya, elemen pemanas dapat mengalami kerusakan, korosi, atau timbunan kerak yang menyebabkan kinerjanya menurun atau bahkan mati. Jika elemen pemanas mati, air dalam tangki tidak dapat dipanaskan dengan efektif.

Selain itu, elemen pemanas memiliki umur pakai terbatas dan dapat mengalami penurunan kinerja seiring berjalannya waktu. Jika water heater telah digunakan dalam jangka waktu yang lama dan elemen pemanas tidak pernah diganti, maka kemungkinan besar elemen tersebut sudah mencapai akhir umur pakainya. Pada kondisi ini, elemen pemanas perlu diganti agar water heater dapat menghasilkan panas dengan baik.

3. Thermostat Bermasalah

termostat water heater

Thermostat adalah komponen penting pada water heater yang berfungsi untuk mengontrol suhu air dalam tangki. Jika thermostat tidak berfungsi dengan baik, maka suhu air yang dihasilkan tidak akan mencapai tingkat yang diinginkan. Beberapa masalah pada thermostat yang dapat mempengaruhi kinerja water heaternya yaitu thermostat rusak, pengaturan suhu thermostat yang terlalu rendah, thermostat tidak cocok dengan tipe water heaternya, ataupun adanya gangguan pada saklar thermostat.

Baca Juga :  Mandi Air Hangat Saat Flu: Mitos atau Fakta Medis?

Cara Mengatasi Thermostat yang Bermasalah

Untuk mengatasi masalah water heater yang tidak panas akibat thermostat mati, berikut beberapa langkah yang dapat diambil :

1. Periksa Pengaturan Thermostat

Pastikan termostat diatur pada suhu yang sesuai dan tidak terlalu rendah. Coba naikkan suhu thermostat.

2. Periksa Kelistrikan

Pastikan water heater terhubung dengan sumber listrik yang baik dan tidak ada gangguan pada sirkuit listrik yang menghubungkan termostat. Periksa juga saklar pengaman (MCB) yang terkait dengan water heater dan pastikan tidak ada masalah dengan saklar tersebut.

3. Periksa Thermostat

Periksa kondisi thermostat, periksa apakah ada kerusakan atau tanda-tanda ketidaknormalan. Jika termostat terlihat rusak atau mati, gantilah dengan termostat yang baru dan sesuai dengan jenis dan model water heater yang digunakan.

4. Panggil Teknisi Professional

Jika kamu tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman dalam mengganti thermostat atau menangani masalah listrik, sebaiknya panggil teknisi profesional. Teknisi akan memeriksa secara menyeluruh mengenai water heater, mendiagnosis masalah dengan termostat, dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

4. Jalur Air Panas Tersumbat

memperbaiki pipa water heater

Sistem kerja water heater melibatkan pergerakan air panas melalui pipa-pipa yang terhubung dengan tangki pemanas. Jika jalur air panas tersumbat, aliran air panas yang menuju keran atau shower akan terhambat, sehingga menyebabkan air yang keluar tidak panas. Ada beberapa hal yang menyebabkan jalur air panas yang tersumbat, diantaranya adalah penumpukan kerak atau endapan, korosi pada pipa, penyumbatan pada benda asing, masalah pada katup atau klep. 

Cara Mengatasi Jalur Air Panas yang Tersumbat

Mengatasi jalur air panas yang tersumbat, dapat melakukan beberapa langkah berikut ini :

1. Periksa Pipa-Pipa Air Panas

Periksa pipa-pipa yang terhubung dengan water heater untuk melihat apakah ada tanda-tanda penumpukan kerak atau endapan. Jika terdapat endapan, gunakan solusi pembersih yang sesuai atau minta bantuan dari teknisi untuk membersihkan pipa-pipa tersebut.

Baca Juga :  Pemanas Air Mandi Jadikan Mandi Makin Nyaman dan Menyegarkan
2. Bersihkan Katup atau Klep

Periksa katup atau klep yang mengendalikan aliran air panas. Pastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran pada katup tersebut. Jika diperlukan, bersihkan atau ganti katup yang rusak.

3. Panggil Teknisi Professional

Jika kamu bingung ingin mulai memperbaiki dari mana, kamu tidak usah khawatir dan sebaiknya memanggil teknisi profesional. Teknisi dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh pada sistem air panas, mendiagnosis penyumbatan atau masalah lainnya, dan melakukan perbaikan yang diperlukan dengan aman.

Kesimpulan

Water heater yang tidak panas dapat menghambat aktivitas. Banyak faktor yang dapat menyebabkan water heater Ariston tidak panas, seperti elemen pemanas yang mati, thermostat yang rusak, jalur air panas yang tersumbat, atau masalah kelistrikan. 

Dengan memahami penyebab masalah dan solusi perbaikan untuk masalah pada water heater Ariston yang tidak panas, kamu dapat mengatasinya dengan lebih efektif dan memastikan kinerja yang optimal dari perangkat water heater.

Apabila kamu sudah mencoba memperbaikinya tetapi masih belum berfungsi optimal, maka saatnya kamu menghubungi kami untuk menyelesaikan permasalahan pada water heater. Kamu hanya perlu chat, klik disini, kemudian teknisi kami akan datang kerumahmu.

Scroll to Top